Selasa, 23 November 2010

Sejarah Salon Foto Indonesia pertama dan lahirnya FPSI


Di tahun 1973, atas prakarsa LFCN dan PAF Bandung, diadakanlah SALON FOTO INDONESIA yang pertama oleh LFCN. Pada akhir Desember 1973, diadakan pameran SFI 1973 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Pada saat itu, belum ada FPSI.
Penyelenggara SFI 1973, memfasilitasi Rapat kerja guna membentuk Federasi Perkumpulan2 Senifoto Indonesia (disingkat FPSI) pada saat berbarengan setelah upacara pembukaan pameran salon foto.
Walaupun pembentukan FPSI di fasilitasi oleh LFCN, namun di tahun 1975, Ketua FPSI pertama, Prof Dr RM Soelarko menyempatkan diri menerbitkan PIAGAM PENGHARGAAN pada LEMBAGA FOTOGRAFI CANDRANAYA sebagai penyelenggara SALON FOTO INDONESIA 1973. Suatu dokumen sejarah , karena tanpa ada yang pertama, tidak ada yang kedua dan selanjutnya. Ditengah usaha-usaha sebagian pihak mengecilkan peran LFCN dalam dunia senifoto Indonesia, dokumen ini menjadi sangat penting.
Filosofi dasar pembentukan FPSI yang di prakarsai oleh PAF Bandung dan LFCN Jakarta di tahun 1973 adalah kebersamaan dalam hobi fotografi.
Sangat ironis,saat ini, hubungan antar klub di Federasi FPSI mungkin tidak akan kembali harmonis seperti dimasa-masa sebelumnya (sejak 1973), karena sudah ada permainan-permainan tidak etis dan pelanggaran AD ART organisasi. Prinsip kebersamaan dan saling menghormati sudah ditinggalkan. Surat resmi dan pendapat dari salah satu klub pendiri FPSI di abaikan, malah federasi memaksakan menerima klub calon anggota yang baru eksis beberapa bulan dengan cara nekat yaitu melanggar AD/ART organisasi. Hal ini akan merupakan catatan sejarah yang tidak akan bisa dihapuskan.
Untuk mendapatkan dokumen foto Salon Foto Indonesia pertama, silahkan buka disini disini

Tidak ada komentar: